Teknologi dan Proses Bisnis

web tekno downloadDalam bahasan I Love Business (GIMB) yang diselenggarakan oleh GIMB Entrepreneur School semalam, terdapat pelajaran yang luar biasa sesuai dengan tema dan relevan dengan kebutuhan setiap entrepreneur dalam membangun bisnis mereka.

Tema yang dibahas adalah berhubungan dengan teknologi dan proses bisnis yang dijalankan dalam setiap bisnis para entrepreneur itu sendiri. Kedua hal ini seringkali dianggap sebagai sesuatu yang mahal dan terkesan “kurang penting” dalam setiap bisnis mereka. Yang dirasa lebih penting adalah penjualan.

Kalau kembali ke konsep bisnis, seluruh aktivitas bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur itu terdiri dari keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Keempat kegiatan ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena keempatnya berkontribusi terhadap pencapaian profit bagi perusahaan mereka.

 oleh karena itu, sudah seharunya entrepreneur memahami dan menjalankan kegiatan tersebut secara optimal dengan tujuan mencari optimasi profit untuk setiap aktivitasnya.

Konsep pertama yang harus dipahami adalah proses bisnis itu sendiri. Entrepreneur  dituntut untuk mengetahui, memahami, menghayati dan menggunakan pengetahuan tersebut dalam setiap kegiatan bisnis mereka. Konsep proses bisnis merupakan gabungan kegiatan dari supplier, produksi, distributor dan sampai kepada konsumen perusahaan entrepreneur.

Konsep di atas seringkali disebut dengan SIPOC, dimana menggambarkan proses bisnis dari suppllier sampai kepada konsumen. Dalam setiap proses bisnis, terjadi banyak hal yang pada dasarnya diharapkan mampu memberikan value yangoptimal untuk bisnis mereka sendiri yaitu berupa kenaikkan revenue dan menurunkan cost atau biaya yang timbul dari setiap aktivitas tersebut.

seringkali karena kurang memahami proses bisnis dengan baik, penjualan rendah dan cost tinggi. oleh karena itu, perlu diperhatikan metode yang digunakan dalam setiap proses karena relevan dengan biaya tersebut. Metode atau cara inilah yang disebut dengan teknologi dari setiap proses bisnis yang digunakan oleh entrepreneur.

Teknologi yang seperti apa yang harus digunakan oleh setiap entrepreneur? teknologi yang tepat guna yang sesuai dengan karakter dari perusahaan atau bisnis entrepreneur tersebut. hal ini penting agar investasi yang cukup tinggi untuk mengembangkan teknologi.

semuanya harus menjadi perhatian entrepreneur dalam membangun bisnis mereka menjadi lebih baik dari aspek proses bisnis. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan oleh entrepreneur adalah bagaimana memetakan proses bisnis mereka. Pemetaan ini penting untuk menentukan proses mana yang membutuhkan metode yang lebih baik.

Kedua, hasil pemetaan akan dijadikan sebagai dasar untuk membuat lebih baik. metode dan alat dibutuhkan dalam hal ini agar terjadi perbaikan dalam proses bisnis dan akan membuat profit perusahaan yang dihasilkan oleh peningkatan revenue dan penurunan cost dalam setiap proses bisnis tersebut. oleh karena itu, sudah seharusnyalah entrepreneur mulai berhitung setiap aktivitas bisnis mereka agar lebih baik dengan menggunakan teknologi yang tepat guna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>