Tetap Bermimpi Besar

Dalam menjalankan bisnis oleh setiap entrepreneur, ada satu tantangan yang harus dipegang oleh mereka. Apa itu? Hal inilah yang menjadi point utama dalam menjadi entrepreneur sukses.

Mimpi besar… itulah yang saya maksud dalam konteks seorang entrepreneur untuk menjadi sukses tersebut. Mimpi besar itu relevan dengan visi yang hendak dicapai oleh setiap entrepreneur agar sukses dalam bisnis yang dijalankan oleh mereka.

Mimpi besar itu harus relevan dengan konteks bisnis itu sendiri. Apa itu? tentulah sangat relevan dengan pencapaian profit atau laba, people, planet serta keberlanjutan dari bisit itu sendiri. Hal ini disebut dengan sustainability.

Pada konteks profit, tentulah sangat berhubungan dengan bagaiaman selisih antara total revenue dengan total biaya atau total cost. Total profit tersebut itu menjadi “darah” bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis. Apa mimpi besar mereka terhadap profit tersebut?

Kedua adalah berhubungan dengan people. People itu relevan dengan bagaimana menjaga kesejahteraan daripada setiap orang-orang yang berada disekitar perusahaan beroperasi. Penting bagi setiap entrepreneur untuk itu.

Ketiga adalah planet. Planet ini relevan dengan bagaimana seorang entrepreneur menjaga keselamatan alam. Alam harus dijaga agar tidak rusak.

Yang terakhir adalah bagaimana menjaga bisnis tersebut terus berjalan dalam jangka panjang. Dimensi waktu menjadi parhatian utama bagi setiap entrepreneur. Mimpi besar itu relevan dengan keempat aspek tersebut dalam berbisnis.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.