Uang itu ada pada Konsumen

 

Bagi  seorang entreprenuer, konsep bisnis tentunya harus diaplikasikan dalam kehidupan bisnis tersebut. Seorang entrepreneur harus berbasis  dengan ilmu pengetahuan tentang bisnis.

Salah satu hal utama dalam dunia bisnis adalah tentang konsumen. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Menurut Philip Kotler (2000) dalam bukunya Prinsiples Of Marketing, konsumen  ialah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi. konsumen itulah yang memberikan uang kepada kita sebagai perusahaan.  Uang itu ada di konsumen. Dengan kata lain, merekalah bos yang sebenarnya bagi perusahaan.

Oleh karena itu,  pengetahuan seputar “konsumen” perlu ditingkatkan oleh para entrepreneur agar produk atau layanan dapat diberikan kepada mereka secara optimal.  Misalnya, mengenai  perilaku konsumen. Perilaku tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. High-involvement  suatu produk sangat ditentukan oleh pendapat konsumen.

Pemahaman mengenai perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa dimensi bisnis. Pertama adalah untuk merancang sebuah stategi pemasaran yang baik, misalnya menentukan tempo yang tepat bagi perusahaan untuk memberikan diskon guna menarik pembeli.  Ke dua, perilaku konsumen dapat membantu membuat opini publik. Misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat hari raya, pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut. Dan terkahir aplikasi ke tiga yakni dalam hal  pemasaran (social marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen. Dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif. Memahami konsumen dan potensi uang yang ada pada mereka adalah wajib hukumnya bagi seorang entrepreneur karena uang itu ada di mereka…

sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/uang-itu-ada-di-konsumen.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.