Mindset Seorang Juara Sejati

web MindsetTadi malam, saya bertemu dengan beberapa entrepreneur di Bober Tropicana Cafe dan juga wartawan yang berasal dari beberapa media cetak dan elektronik yang meliput program I Love Business yang diselenggarakan oleh GIMB Entrepeneur School setiap senin Malam pada minggu pertama dan ketiga. Program ini memang ditarget kepada para entrepeneur dan lebih dalam lagi, bertujuan untuk merubah mindset mereka tentang bisnis.

              Berdasarkan pengalaman, permasalahan dasar yang ada di konsep entrepeneurship adalah ketika para entrepreneur belum memiliki mindset yang benar dalam berbisnis. Apalagi mindset untuk menjadi seorang juara sejati dalam konteks bisnis yang mereka jalankan. Kedua hal ini sangat penting dalam konteks seorang entrepeneur untuk menjadi berhasil dan mencapai tujuan bisnis yang mereka targetkan.

              Mindset ini menjadi penting kareha berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur menjalankan bisnis mereka secara efektif dan efifien. Mindset berhubungan dengan apa yang ada dalam fikiran mereka tentang bisnis dan apalagi tentang esensi bisnis jika dihubungkan dengan tingkat persaingan yang dihadapi oleh para entrepreneur ditengah semakin bertambahnya jumlah pesaing atau competitor dalam bisnis tersebut.

              Mindset dipengaruhi oleh dua hal utama yaitu knowledge dan experience seorang entrepeneur tentang entrepeneurship itu sendiri. kemudian, hal lainnnya adalah bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen yang sangat menentukan jangka panjang dari suatu bisnis para entrepreneur. knowledge atau pengetahuan dan pengalaman ini penting dan akan membentuk persepsi yang nantinya menjadi mindset mereka.

              Pengetahuan sangat penting bagi setiap entrepreneur, khususnya yang berhubungan dengan entrepeneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen. seorang entrepreneur tidak akan berhasil kalau tidak memahami bisnis dan lingkungan bisnis, kemudian, bisnis itu tidak akan pernah langgen atau bertahan lama bila para entrepreneur tidak memahami dan memanfaatkan manajemen dalam mengelola bisnis.

              Untuk meningkatkan pengetahuan tersebut, para entrepreneur dituntut untuk menjadi seorang pembelajar atau a learner yang selalu belajar dimanapun berada. Konsep pembelajaran menjadi penting karena banyak hal yang bisa dipelajari oleh para entrepreneur, khususnya dari apa yang mereka baca, lihat, dengar dan bahkan dari kesalahan-kesalahan yang pernah dialami sehingga membuat entrepeneur itu memiliki peningkatan pengetahuan.

              Hal ini akan bisa meningkatkan pemahaman dan persepsi yang benar terhadap entrepreneurship tadi. Mereka akan semakin memiliki pemahaman yang kuat terhadap mindset seorang entrepreneur apalagi untuk menjadi entrepreneur yang juara dalam bisnis. Konteksnya adalah bisnis tersebut memiliki competitive advantage atau keunggulan bersaing.

              Yang selanjutnya adalah pengalaman atau eksperien bagi para entrepreneur. pengalaman menjadi penting karena dapat merubah mindset melalui see, feel, hear, taste, smell tentang entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen yang digunakan oleh para entrepreneur untuk sukses. Dengan pengalaman ini, akan bisa memberikan midset yang kuat dan benar dari setiap entrepreneur untuk bisnis mereka.

              Hal inilah yang menjadi perhatian para entrepreneur dan pembina di GIMB Entrepreneur School dan diberikan kepada para entrepreneur bisnis. Memiliki mindset yang juara dalam bisnis harus didapatkan dalam dua konteks yaitu pengetahuan dan juga pengalaman tentang entrepeneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen yang dibutuhkan untuk membuat bisnis tersebut bisa unggul dan inilah yang disebut dengan juara sejati….salam juara…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.